Pelantikan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB)

Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) adalah suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat independen dan bukan politik yang merupakan wadah untuk menggerakkan peningkatan minat baca masyarakat.

Dibentuknya GPMB diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca masyarakat, membangkitkan semangat dan kemauan untuk membaca, dan menjadikan membaca sebagai budaya di masyarakat.

GPMB tidak hanya dibentuk di pusat pemerintahan (Jakarta), tetapi juga mempunyai cabang di tingkat daerah. PD (pengurus daerah) Kabupaten Gresik baru dilantik dan dikukuhkan oleh bupati Gresik Gus Yani pada Selasa, 14 Desember 2021 di gedung WEP Gresik. Acara pengukuhan juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum GPMB pusat Dr Tjahjo Suprajogo MSi. Sebagai ketua GPMB PD Gresik periode pertama ini (2021-2025) adalah Kris Adji AW.

Pada kesempatan ini, acara juga dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten Gresik, Kadis Perpusip Gresik, pengurus PKK Kab. Gresik, pengurus Perpusdes, belasan TBM, dll. serta pengurus GPMB Provinsi Jawa Timur dan segenap OPD Kab. Gresik.

Tugas mulia GPMB sesuai pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan minat dan kegemaran membaca dan literasi (reading society) serta mendorong budaya belajar (learning society) sepanjang hayat. GPMB berfungsi sebagai wadah kegiatan untuk menggerakkan peningkatan minat baca masyarakat.

(kr/ew)

Tinggalkan komentar